Sunday 01 October 2017
0 komentar
Tidak perlu takut menggunakan Kompor Gas jika perawatanya sudah pas

Semenjak konversi besar besaran yang dilakukan oleh pemerintah untuk menukar kebiasaan penggunaan minyak tanah menjadi penggunaan gas, saat ini hampir semua rumah menggunakan kompor gas untuk kebutuhan memasak walaupun sampai sekarang masih banyak orang yang hanya berani menyalakan dan mematikan kompor atau bahkan tidak berani menyentuh kompor gas sama sekali karena takut meledak dan terjadi kebakaran. 
Resikonya memang sangat besar terlebih dengan banyaknya kejadian tabung gas meledak bahkan kebakaran yang diakibatkan dari kesalahan penggunaan dan perawatan kompor gas ini.Untuk itu edukasi untuk penggunaan dan perawatan kompor gas sangat penting disosialisasikan dan dipelajari sehingga kita bisa lebih percaya diri menggunakan dan merawat kompor gas secara tepat tanpa harus merasa was-was dan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.Maka dari itu artikel kali ini akan membahas tentang bagamana penggunaan dan perawatan yang tepat terhadap kompor gas yang merupakan kebutuhan sehari-hari kita.

 

1. Deteksi kebocoran tabung
Ledakan gas yang kerap terjadi bukan disebabkan oleh kompor gas tapi tabung gas yang bocor. Maka untuk meminimalisir resiko tersebut, hal terpenting yang harus dilakukan saat membeli dan sebelum menyambungkan tabung gas ke kompor adalah dengan mengecek keadaan tabung gas. Pastikan tabung gas yang akan kita gunakan tidak bocor. Jika tercium bau menyengat khas gas atau muncul gelembung-gelembung saat tabung di rendam di air berarti tabung tersebut mengalami kecoboran. Namun kalian tidak perlu panik apalagi sampai teriak-teriak membuat seluruh kampong ikutan panik. Cukup jauhkan tabung gas dari jangkauan api maupun anak-anak lalu buka semua ventilasi udara di dapur kalian supaya bau gas tersebut segera terurai ke luar dan tidak terhirup banyak oleh kalian. Setelah itu segera kembalikan tabung gas yang bocor tersebut kepada agen penjualnya untuk ditukar dengan yang baru. 


2. Perawatan slang regulator 
Slang regulator yang berfungsi untuk menghantarkan gas dari tabung kekompor tentu berperan penting dan harus selektif dalam memilih produk slang regulator yang baik. Selain memilih slang regulator yang baik, perawatannyapun harus diperhatikan. Rutinlah membersihkan slang dengan menggunakan air hangat supaya tidak kaku setiap setelah selesai memasak. Karena percikan minyak dan bahan masakan lain yang mengenai permukaan luar bagian slang regulator akan mempercepat proses kerusakan slang generator ini. Pastikan juga kalian menggunakan slang yang pengunciannya masih kuat dan terpasang secara sempurna untuk menghindari kebocoran gas. Jika terdengar suara mendesis atau bau menyengat segera lepas kan regulator dan buka semua ventilasi udara kemudian cek keadaan tabung gas maupun slang regulator. Jangan pernah memaksakan regulator yang sudah terlihat jelek dan mengalami kerusakan karena akibatnya akan sangat fatal bagi keselamatan kalian sekeluarga.


3. Menjaga Kebersihkan kompor dan tabung Gas
Kompor gas yang telah di pakai untuk memasak harus segera dibersihkan dengan cara di lap menggunakan kain lembab karena percikan minyak goreng dan bahan-bahan masakan yang tumpah dapat merusak dan membahayakan bagi keselamatan Selain itu biasakanlah mengangkat wajan atau alat masak lainnya dari atas kompor gas setelah masakan matang karena partikel-partikel dari bagian bawah wajah atau alat memasak lainnya akan terjatuh di atas lubang api pada kompor gas dan menyumbatnya.


4. Perawatan dan Penempatan tabung gas
Sesekali bersihkan tabung gas dengan cara mengelap tabung dengan kain lembab agar tabung tetap bersih dan kering sehingga terhindar dari terjadinya korosi pada bagian luar tabung.Untuk penempatannya sebaiknya tabung gas diletakkan di atas alas atau dudukan  seperti kayu atau triplek.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai perawatan tabung gas semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Komentar Anda (0)