Saturday 20 May 2017
0 komentar
Seberapa Lama Sih Kulkas Anda Mampu Menyimpan Makanan

Kulkas merupakan alat elektronik yang umumnya ada di setiap rumah. Kemampuannya untuk menyimpan makanan, membuat alat elektronik ini begitu dibutuhkan oleh banyak orang. Tak hanya membantu dalam menyimpan makanan, kulkas pun bisa membuat minuman menjadi lebih dingin, membekukan makanan dan juga hal lainnya. Hampir semua jenis makanan bisa disimpan dalam kulkas, kecuali makanan yang tidak memerlukan pendingin karena tahan lebih lama tanpa diawetkan dalam kulkas.

Kini, pertanyaan mulai muncul saat banyak sekali orang yang menggunakan kulkas sebagai tempat penyimpanan makanan. Mereka menyimpan makanan tersebut tanpa tahu berapa lama seharusnya mereka menyimpan makanan tersebut dalam kulkas. Berapa lama makanan harus disimpan dalam kulkas? Bahkan diantara kita banyak yang menemukan makanan tak layak konsumsi karena sudah disimpan dalam kulkas begitu lama. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan beberapa hal saat akan menyimpan makanan. Jika perlu, kita bisa mencatat kapan pertama kali makanan tersebut masuk dalam kulkas, agar kita tahu sudah berapa lama makanan itu ada  di dalam kulkas.

Lemari Es 2 Pintu Yang Mampu Menyimpan Makanan

Jika anda termasuk tipe orang yang tak suka membuang makanan, maka sebaiknya anda habiskan makanan tersebut dalam satu kali makan. Tetapi kalaupun makanan tersebut tidak habis, anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Tentu saja setiap makanan memiliki tingkat keawetan yang berbeda-beda. Juga jika anda menyimpan makanan tersebut dalam box penyimpanan, tentu saja makanan yang anda simpan dalam kulkas akan jauh lebih awet.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah, beberapa jenis makanan akan mudah busuk. Jika hal ini terjadi, tentu saja akan ada aroma tak sedap dalam kulkas anda. Terlebih jika bau tak sedap itu telah mengkontaminasi makanan lain yang ada di dalam kulkas. Untuk menghindari hal seperti ini, sebaiknya anda cepat mengolah makanan yang kira-kira akan mengalami pembusukan lebih cepat. Dengan cara seperti itu, pembusukan dan aroma tak sedap dalam kulkas bisa dihindari.

Buah-buahan yang sudah dipotong biasanya akan cepat mengalami pembusukan. Maka, sebaiknya anda menghabiskan buah-buahan tersebut sebelum 3-4 hari penyimpanan, karena lebih dari itu pembusukan akan segera terjadi. Jika anda bersikeras mengawetkan makanan seperti ini, semua kandungan vitamin dan mineral dalam buah akan hilang karena proses pembusukan, anda pun akan beresiko menderita diare.

Untuk susu, anda sebenarnya masih bisa mengkonsumsi susu 10 hari setelah melewati tanggal kadaluarsa, asalkan susu tersebut disimpan di bagian terdingin dari kulkas, bukan di bagian pintu. Hal ini terjadi karena bakteri pembusukan terjadi lebih lambat akibat disimpan di tempat yang dingin. Begitu pun dengan produk keju, anda bisa mengkonsumsi keju setelah 6 bulan dari tanggal kadaluarsa, asalkan keju tersebut anda simpan dalam keadaan dibekukan.

Untuk telur mentah, makanan ini bisa bertahan selama 3 atau 5 minggu. Sedangkan daging, anda harus segera mengolahnya setelah 2 hari berada dalam kulkas, tapi hal ini tidak berlaku jika anda menyimpan daging tersebut di dalam freezer. Untuk roti, makanan ini bisa bertahan selama 3 bulan jika dibekukan. Tapi untuk makanan sisa, sebaiknya harus segera dihabiskan setelah 2 hari ada dalam kulkas. Kecuali jika makanan tersebut dibekukan.

Nah, itulah beberapa tips untuk menyimpan makanan dalam kulkas dengan tepat. Setelah anda mengetahuinya, anda bisa mulai menyimpan makanan dalam kulkas dengan tepat dan tentunya sehat untuk tubuh anda.

Komentar Anda (0)