Monday 04 September 2017
0 komentar
Kulkas Satu atau Dua Pintu Memilih yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan Rumah Tangga
Kulkas sempat jadi pokok perkara perdebatan antara saya dan istri tiga bulan lalu, ketika kami berdua sama-sama punya keinginan untuk membeli kulkas baru. Debat yang berlangsung di antara kami berputar-putar pada satu masalah: enak mana sih, kulkas satu atau dua pintu? 
Saya lebih menyukai kulkas satu pintu, oleh karena benda elektronik yang satu itu terlihat sederhana dan tidak banyak memakan tempat di ruang dalam rumah. Sementara istri saya beranggapan kalau sebaiknya kami membeli yang dua pintu, sebab dia suka memasak dan kerap menumpuk stok bahan kebutuhan pokok di kulkas. Ya, alasannya sederhana juga: kulkas dua pintu biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan karena itu cocok untuk istri saya. Perdebatan kecil terus berlanjut selama beberapa jam, dan akhirnya istri saya mengalah. Jadilah sebuah kulkas satu pintu merk Sharp berdiri gagah di sudut dapur rumah kami sekarang. Lalu apa yang menarik dari cerita domestik semacam itu? Mungkin kamu pernah mengalami dilema yang sama ketika ingin membeli kulkas baru untuk keperluan rumah tangga. Nah, di sini akan dibagikan beberapa poin penting yang mesti dipertimbangkan ketika memilih satu di antara dua pilihan kulkas, yakni satu pintu atau dua pintu. 
 
 
1. Mengenali jenis kulkas, kemudian tentukan pilihan
Jenis kulkas yang paling umum dan bisa ditemukan dengan mudah adalah yang jenisnya terdiri dari satu atau dua pintu. Kulkas satu pintu, dengan bagian freezer berada di atas, sebetulnya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga kecil. Jenis kulkas dengan freezer di bagian atas juga tersedia dalam model dua pintu. Yang satu ini merupakan pilihan basic dan biasanya lebih ekonomis dan tidak memakan banyak tempat, meski fitur yang ditawarkan tergolong standar. Rak dalam yang cukup luas menjadi kelebihan lain bagi jenis kulkas standar semacam itu. 
Lalu ada lagi tiga jenis kulkas yang bisa dipilih. 
  • Kulkas bottom freezer (freezer di bawah), misalnya, cocok untuk kebutuhan masak rumah tangga, dengan catatan kamu tidak keberatan membungkukkan badan untuk mengakses freezer. 
  •  Kemudian kulkas side-by-side membagi dua sisi, di mana sisi kanan untuk menyimpan makanan segar, sementara sisi kiri untuk menyimpan makanan beku. Opsi yang satu ini cocok untuk kamu yang menginginkan freezer yang lebih luas serta lebih kaya fiturnya. 
  • Yang terakhir adalah tipe kulkas French door yang menyediakan lebih banyak ruang penyimpanan makanan segar (plus freezer di bagian bawah). Jenis yang terakhir ini rasanya tidak cocok untuk keluarga kecil, namun akan jauh lebih ciamik untuk pemilik rumah yang fashionable. 
 
2. Ukur luas dapur 
Luas dapur akan menentukan dimensi serta besaran kulkas yang diperlukan. Pada dasarnya kamu tidak bisa membeli kulkas yang sangat besar, bila ternyata ruang dapur terlihat sempit. Sebuah kulkas adalah benda yang membutuhkan ruang yang cukup di keempat sisi, supaya ia bisa beroperasi dengan efisien dan udara di sekitarnya bersirkulasi dengan baik. Hitung-hitungannya sangat sederhana. Setidaknya sebuah ruang dapur harus menyisakan sekitar 20 – 35 persen dari keseluruhan luas, untuk penempatan kulkas. 
  
 
3. Daya listrik dan tagihan rumah tangga
Kebanyakan kulkas menghabiskan sekitar 14% dari keseluruhan daya listrik yang dibutuhkan sebuah rumah. Jadi akan lebih baik bagimu untuk membaca panduan tentang seberapa besar daya yang dihabiskan sebuah merk kulkas. Tipe side-by-side dan French door biasanya memiliki fitur tambahan berupa dispenser built-in. Sebetulnya kamu tidak memerlukannya, kecuali kamu memang mau membayar 20% lebih banyak dari total tagihan listrik bulanan. 
Ketika memilih kulkas, ingatlah bahwa sebuah kulkas dengan freezer di bagian atas mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan jenis kulkas lainnya, atau sekitar 10 – 25%  lebih kecil dibandingkan yang lain. Sementara itu model dengan stiker Energy Star minimum menggunakan daya minimum sebesar 20% lebih kecil dibandingkan lainnya.   
Komentar Anda (0)