Wednesday 09 August 2017
0 komentar
Fungsi lain dari Microwave yang wajib anda ketahui

Umumnya alat satu ini berbentuk kotak dan kerap anda gunakan untuk memanggang atau menghangatkan makanan. Yup, microwave merupakan salah satu peralatan memasak yang sering anda temukan di dapur rumah modern. Apalagi jika pemilik rumah gemar memasak atau membuat kue. Selain digunakan untuk memanggang atau menghangatkan makanan tahukah anda fungsi lain dari microwave? Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini!

 

1. Mengupas Aneka Ragam Sayuran Dan Buah
Ketika hendak membuat masakan berbahan singkong, bengkoang atau buah – buahan pasti direpotkan saat mengupas kulitnya. Nah, sebenarnya anda bisa lo mengupas kulit sayuran ataupun buah - buahan dengan menggunakan microwave. Caranya mudah sekali yakni dengan memanaskan sayuran tersebut didalam microwave selama 2 – 3 menit pada suhu yang rendah. Sayur anda siap untuk dikupas dan untuk buah – buahan seperti jeruk cukup  panaskan dalam waktu 10 detik saja.
Jika anda hendak memeras jeruk memanaskannya terlebih dahulu di microwave mampu melonggarkan serat – serat pada jeruk tersebut dan memudahkan anda memerasnya. Selain memudahkan anda dalam membuat jus jeruk atau lemon melalui cara ini jus yang anda buat juga akan terasa lebih juicy.  Perasan jus jeruk maupun lemon juga lebih banyak ketimbang menggunakan cara yang biasa.

 

2. Ahlinya Mengempukkan Roti Dan Mengiris Bawang
Ingin sarapan roti yang super empuk? Cukup dengan membungkus roti tawar tersebut dengan tisu lalu berilah sedikit air. Langkah selanjutnya masukkan kedalam microwave yang sebelumnya dipanaskan selama 10 menit. Dijamin roti anda akan lebih enak dan empuk untuk menu sarapan pagi bersama keluarga. Selain berfungsi mengempukkan roti tawar ternyata microwave juga bisa membantu anda mengiris bawang. Masukan bawang kedalam microwave dan panaskan selama 15 detik saja dijamin kulit bawang tersebut akan terkelupas dengan sendirinya.

 

3. Sahabat Memasak Untuk Para Ibu
Ketika memasak kacang – kacangan anda pasti membutuhkan waktu yang cukup lama agar kacang – kacangan bisa matang dengan sempurna. Padahal cukup menggunakan memanggangnya didalam microwave kacang – kacangan anda lebih cepat matang. Langkah awal yang bisa anda lakukan yaitu taruh kacang – kacangan diatas piring kemudian masukan kedalam microwave yang disetting heat penuh selama satu menit. Ulangi langkah ini selama 4-5 menit dan kacang – kacangan anda akan siap dinikmati.
Selain itu microwave juga bisa membantu para ibu rumah tangga untuk melelehkan aneka bahan seperti coklat, butter dan keju dibandingkan dengan menggunakan double boiler. Ketika anda hendak memasak ikan juga bisa menggunakan microwave lo. Cukup bungkus ikan anda dengan aluminium serta bumbui kemudian masukan dalam microwave. Soal rasa tak kalah deh dengan ikan yang dimasak melalui proses penggorengan maupun direbus.

 

4. Dapat Membuat Kompres dan Membersihkan Dirinya Sendiri
Ketika anak anda sakit demam pasti anda mebutuhkan handuk panas untuk mengkompresnya. Tak perlu menunggu air mendidih cukup basahi handuk anda kemudian gulung. Letakkan didalam microwave selama satu menit dengan temperature tinggi maka kompres panas siap untuk digunakan.  Selain itu microwave juga mampu melepaskan stempel kertas tanpa harus merusaknya.  Caranya sangat mudah yakni teteskan sedikit air pada bagian stempel lalu masukan kedalam microwave kira – kira 20 detik maka stempel kertas akan perlahan lepas dengan sendirinya.

Keunggulan microwave dibandingkan dengan alat elektronik lainnya ialah mampu membersihkan dirinya sendiri. Mula – mula untuk membersihkan bekas makanan yang berkerak bisa gunakan air dan cuka dalam wadah anti panas. Masukkan dalam microwave selama 5 menit lanjutkan dengan mengelapnya memakai spon maka noda – noda kerak akan terangkat dengan mudah.

 

 

Komentar Anda (0)