Monday 25 September 2017
0 komentar
Bahaya jangan memasukan benda ini ke dalam Microwave anda

Memasak menggunakan microwave bukan saja lebih praktis, namun juga lebih menyehatkan karena tidak membutuhkan minyak. Sehingga hasil olahan yang dipanggang tidak mengandung lemak.Namun tidak semua jenis makanan dan wadah makanan bisa dimasak dengan menggunakan microwave. Hal ini perlu dicermati agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. 
Lalu apa saja makanan dan wadah makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave? Simak artikel berikut:


1. Telur mentah
Jika anda ingin membuat matang sebuah telur, maka cara terbaik adalah merebusnya secara konvensional dengan menggunakan kompor.Mematangkan telur dengan cara memasukkannya ke dalam microwave bukan saja cara yang salah, namun juga sangat berbahaya. Hal ini karena suhu tinggi dari microwave akan menimbulkan banyak uap pada telur dan bisa membuatnya meledak!


2. Daging beku
Memasukkan daging ke dalam freezer agar menjadi beku dan tahan lama adalah cara yang kerap dilakukan. Namun untuk membuatnya segar kembali supaya dapat diolah, beberapa orang memilih cara instan yang sangat tidak dianjurkan. Yaitu memanaskannya dengan menggunakan microwave.Pada daging beku, distribusi panas dari microwave tidak akan bisa merata dengan sempurna. Sehingga bagian tepi daging bisa saja matang atau bahkan hangus, sedangkan bagian tengahnya masih mentah. Hal ini juga dapat memicu timbulnya bakteri yang membahayakan bagi kesehatan kita.Jika ingin membuat daging beku anda segar kembali, cara yang terbaik adalah dengan mengalirinya dengan air bersih.


3. Air susu ibu
Bagi para ibu yang bekerja di luar rumah, menyimpan ASI di kulkas adalah cara yang biasa dilakukan agar sang buah hati bisa tetap menerima asupan gizi yang cukup. Namun jika untuk menghangatkannya kembali anda menggunakan microwave, maka cara ini sangat disayangkan.Sebuah penelitian medis menyatakan bahwa ASI yang dipanaskan setelah dibekukan menjadikan protein yang dikandungnya rusak dan memicu bakteri tumbuh dengan cepat. Selain itu panas yang tidak merata bisa membuat bibir bayi seperti terbakar.Untuk menghangatkan ASI, cara yang seringkali dianjurkan adalah dengan memasukkan botol yang berisi ASI tersebut ke dalam wadah yang berisi air hangat.


4. Air
Memanaskan air dalam gelas ke dalam microwave adalah salah satu cara yang berbahaya.Ketika berada di dalam microwave, air yang seharusnya mendidih tidak bisa mendidih. Namun ketika dikeluarkan dari microwave  air bisa menjadi sangat panas dan bisa memecahkan gelasnya.


5. Cabai
Memasukkan cabai merah, cabai rawit, atau paprika ke dalam microwave adalah sebuah cara yang beresiko juga.Hal ini karena pada suhu yang tinggi zat utama yang dimiliki cabai akan terlepas lalu tersebar dan ini bisa merusak paru-paru dan juga mata anda.


6. Benda logam
Kita tentu tahu bahwa logam adalah sebuah penghantar panas yang sangat baik. Karena itu menggabungkan microwave dengan logam bisa menyebabkan kebakaran.Gelas atau mug yang terbuat dari bahan stainless dapat memblokir panas dari microwave. Dan hal ini juga dapat merusak microwave anda.


7. Benda plastik
Benda plastik atau wadah yang terbuat dari plastik dan juga sterofoam adalah bahan-bahan yang dilarang untuk berada di dalam microwave.Hal ini karena bahan-bahan tersebut memiliki kandungan kimia penyebab kanker yang dapat larut dan tercampur dengan makanan saat dipanaskan.Sebaiknya pindahkan makanan dari wadah tersebut ke wadah khusus microwave ketika hendak memanaskannya.


8. Kertas
Segala jenis kertas atau paper bag juga termasuk bahan-bahan yang berbahaya jika berada di dalam microwave.Suhu yang teramat panas di dalam microwave dapat memicu kebakaran dan kandungan kimia pada kertas bisa menyebarkan asap yang mengancam kesehatan anda.


9. Mug
Beberapa mug, piring dan peralatan lain yang terbuat dari keramik dikabarkan memiliki kandungan bahan yang dapat menyebabkan radiasi jika bersentuhan dengan suhu panas.Cara yang lebih aman untuk memakai microwave adalah dengan menggunakan wadah atau mangkuk microwave yang memang dikhususkan penggunaannya untuk alat ini. 

10. Kosong
Sama seperti membiarkan kulkas dalam keadaan kosong menyalakan microwave tanpa isi apapun di dalamnya dapat mengakibatkan kerusakan microwave. Hal ini karena tidak ada makanan yang menyerap panasnya, sehingga microwave menyerap panas yang dihasilkannya sendiri. Inilah yang membuat microwave anda rusak.Dampak yang lebih buruk lainnya adalah hal tersebut dapat memicu terjadinya kebakaran.


Nah, semoga artikel ini bisa membantu anda untuk lebih bijak dan lebih berhati-hati menggunakan microwave anda.

Komentar Anda (0)